-->

Cara Memperkuat Sinyal HP Android di Ruangan Tertutup / di Pedesaan

Sinyal adalah faktor pertama yang harus diperhatikan. Apalah guna jika HP yang kita gunakan tidak dapat menangkap sinyal saat berada di tempat / ruangan tertertutup. 

Meski sebenarnya produk dari brand samsung sudah dapat dipercayai tetang kehandalan sinyal yang ditanamkan pada produk gadgetnya tersebut, 

Namun dibeberapa kasus ternyata masih saja ada permasalahan sinyal yang sering terjadi seperti tiba-tiba menghilang dan lain sebagainya. 

Untuk contoh paling umum yang sering terjadi saat kita berada dipedesaan atau ruangan tertutup mungkin kita akan kehabisan sinyal dari berbagai jenis layanan kartu sim yang digunakan. 

Nah di artikel ini kami akan membagikan bagaimana Cara Memperkuat Sinyal di Ruangan Tertutup / di Pedesaan yang nantinya dapat teman-teman peraktekan. 

Cara Memperkuat Sinyal di HP Samsung

Cara Memperkuat Sinyal HP Android di Ruangan Tertutup / di Pedesaan

Sebelum melakukan langkah-langkahnya sebaiknya kita lakukan analisa terlebih dahulu apa yang membuat sinyal pada hp samsung yang digunakan kehilangan sinyal. 

1. Berada di dalam Ruangan Tertutup / Plosok Desa

Kasus ini sebenarnya sudah menjadi hal yang wajar apabila ponsel hp samsung akan kehabisan sinyal saat berada didalam ruangan atau saat berada dipedesaan. 

Jalan satu-satunya yang masih bisa anda lakukan adalah mengganti mode jaringan dari 4G menjadi 3G. Jika 3G masih belum kedapatan sinyal cobalah untuk menggunakan jaringan 2G.

Jika sduah berada dijaringan 2G masih belum mendapatkan sinyal hal ini sudah tidak mungkin anda atasi lagi dikarenakan besar kemungkinan area tersebut jauh dari pemancar. 

2. Sinyal Oprator Jaringan

Oprator atau provideer layanan kartu sim di indonesia cukup banyak. Dari skian penduduk memilikinya untuk menggunakan oprator :

  1. Telkomsel 
  2. XL
  3. Axis 
  4. M3 
  5. dll
Sedikit cerita saja. Admin baru pulang ke kampung halaman dimana hal yang paling sering terjadi adalah sinyal yang tidak setabil dan sering menghilang. 

Satu-satunya oprator jaringan yang bisa digunakan adalah telkomsel. Jika smisal saya menggunakan oprator XL saat menggunakan paket data seluler dapat dipastikan whatsapp ngak bakalan ada yang masuk. 

3. Mengalami Kerusakan Pada Bagian Komponen

Sifat manusia itu ceroboh dan juga gegabah. Sudah pasti buka punya HP kecebur ke kamar mandi atau jatuh dari saku?

HP android yang penah mengalami jatuh atau kecebur dalam air bisanya akan mengalami masalah pada bagian signal hp tersebut.

Untuk kasus ini sebaiknya bawa tempat services terdekat. karena dapat dipastikan ada beberapa bagian komponen yang rusak pada hp tersebut. 

5. Memilih Jaringan 4G

Sebenarnya ponsel android terbaru ditahun 2021 ini sudah memiliki fitur yang canggih dan mampu menangkap berbagai jaringan yang di dukung.

Sebut saja contohnya saat berada di kota, Ponsel android akan secara otomatis memilik jaringan 4G LTE yang akan digunakan.

Sedangkan saat kita berada di desa atau dalam gedung biasanya ponsel android akan otomatis mengganti jaringan ke 3G. 

Untuk itu sebaiknya gunakan jaringan otomatis untuk mendapkan sinyal yang lebih bagus dan optimal dalam berbagai kondisi. 

Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang di HP Android Samsung Galaxy

Berikut ini hal-hal yang dapat anda lakukan untuk dapat mempekuat sinyal HP android samsung galaxy yang digunakan 

1. Gunakan Oprator Telkomsel

Ini bukan iklan ataupun promo dari telkomsel. Sebagai warga kenegaraan republik indonesi kita semua sudah tahu bagaimana kekuatan sinyal yang di tawarkan oleh produsen telkomsel ini. 

Sejauh ini telkomsel telah meberikan jaringan terbaik di indonesia hingga ke berbagai plosok desa. Jika sinyal telkomsel habis di desa tersebut, Besar kemungkinan sinyal oprator lainya akan ikutan habis. 

2. Mengubah Jaringan Yang digunakan Ke Otomatis

Cobala untuk menggunakan jaringan yang dipilih otomatis. Hal ini dapat memudahkan ponsel dalam berkomunikasi dengan jaringan yang tersedia.

Jika berada didalam gedung yang besar atau sedang berada di dalam pedaan biasanya ponsel akan otomatis menggunakan jaringan 3G ataupun 2G. 

Selain dapat mengoptimalkan jaringan dimode otomatis ini juga dapat mencegah ponsel menjadi panas yang berlebihan. 

3. Lakukan Restard

Biasanya jika kita sedang berada dalam perjalanan dari kota kedesa ponsel akan medeteksi sinyal tower terdekat untuk di ambil jaringannya.

Hal dapat memicu kerja sistem android yang digunakan. Untuk itu agar ponsel kembali fresh dalam menangkap sinyal sebaiknya lakukan restard terlebih dahulu untuk mendapkan sinyal yang lebih optimal. 

4. Menggunakan Dial Up

Resiko yang akan kita hadapi saat menggunakan metode dial up ini batrei pada ponsel akan boros 2x lipat dan panas yang berlebihan. 

Mengapa demikian? Karena kita akan mengubah frekuensi jaringan yang lebih lebar agar mendapatkan sinyal dari tower yang lebih jauh.

  1. Pastikan battrei 70% ke atas 
  2. Masuk padamenu dial number yang biasanya kita gunakan untuk mencatata nomer 
  3. Tekan tombol *#9900#
  4. Setelah muncul cendela sysDump 
  5. Lalu cari debug level 
  6. Pilih hight 
  7. Selanjutnya hp androi samsung anda akan restard 
  8. Tunggu hingga nyala kembali 
  9. Selesai 

Diman ketiga mode tersebut memiliki kelebihan dan kekuangna masing masing 

1. Mode Sinyal Hight

Memaksa HP android untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Kelemahanya adalah pada bagian batrei yang akan menjadi boros dan panas yang berlebihan. 

2. Mode Medium

Mode ini biasanya yang akan secara otomatis digunakan oleh ponsel. Tidak terlalu kuat sinya, Untuk urusan batrei tetap berjalan optimal dan tidak boros boros amat. 

3. Low

Mode low ini bisa digunakan untuk menghemat batrei dan tidak mudah panas. Kekuranganya ada pada bagian sinyal yang cendrung melemah saat berada daerah terpencil atau di dalam gedung. 

#Semuga bermanfaat.