-->

Cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus

Cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop bisa dilakukan melalui beberapa metode.

Cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop bisa dilakukan melalui beberapa metode. Dikutip dari buku Trik Cepat Menguasai Google Chrome karangan Jubilee Enterprise (2013), history Google Chrome merupakan fitur berisi tautan situs web yang pernah pengguna kunjungi.

Melalui fitur ini kamu bisa membuka lagi situs yang pernah diakses sebelumnya tanpa mencarinya dari awal. Terkadang sebagian orang memang rutin menghapus riwayat pencarian di Google Chrome.

Sayangnya ada alamat atau situs web penting yang secara tak sengaja ikut terhapus. Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengembalikan History Google Chrome yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan Cache Chrome Yang Terhapus di Laptop
Cara Mengembalikan Cache Chrome Yang Terhapus di Laptop

Ada berbagai metode yang bisa kamu pilih saat ingin mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop. Berikut diantaranya yang disadur dari laman Mini Tool:

Melalui Google Aktivitas Saya (My Activity)

Cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop bisa dilakukan melalui Google Aktivitas Saya (My Activity). Namun cara ini hanya berlaku apabila kamu sudah masuk ke akun Google selama menggunakan Chrome. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Masuk ke fitur Google Aktivitas Saya lewat laptop, biasanya kamu akan diminta untuk memasukkan password akun Google milikmu.

  2. Selanjutnya klik menu Chrome dan muncul riwayat pencarian secara berkelompok. Kemudian tekan opsi Item Lainnya di bagian bawah.

  3. Kini kamu bisa melihat kembali history Google Chrome yang terhapus di laptop lengkap dengan waktu dan perangkat yang digunakan ketika mengakses halaman tersebut.

  4. Jika riwayat tersebut tidak muncul bisa jadi karena kamu tidak mengaktifkan perizinan pelacakan di pengaturan privasi Google Chrome.

Melalui Fitur Command Prompt

Cara selanjutnya ialah melalui fitur Command Prompt yang ada di laptop. Metode ini berlaku apabila laptop Windows belum sempat dimatikan atau di-restart setelah menghapus riwayat history Google Chrome.

Namun sayangnya fitur ini tidak bisa melihat waktunya dan tidak bisa melihat history satu per satu. Jadi, kamu harus mencarinya secara manual. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Bukan menu Start, lalu pada kolom pencarian ketik cmd.
  2. Buka program Command Prompt.
  3. Ketik ipconfig /displaydns di Command Prompt dan tekan Enter.
  4. Tunggu hingga selesai, kamu akan melihat berbagai situs web yang pernah dikunjungi di sesi sebelum komputer mati.

Melalui folder User Data

Cara terakhir, yaitu melalui user data. Perlu diketahui bahwa metode ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows yang mempunyai restore point. Berikut cara selengkapnya:

  1. Buka My Computer, lalu masuk ke direktori berikut: C:\Users\NamaKomputerKamu\AppData\Local\Google\Chrome
  2. Klik kanan folder User Data, kemudian klik opsi Restore previous versions.
  3. Selanjutnya, ikuti prosedurnya kemudian mulai ulang komputer.
  4. Jalankan Chrome untuk melihat riwayat yang sudah dikembalikan.

Itu dia tiga cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di laptop. Silakan pilih salah satu cara di atas untuk mengembalikan history Google Chrome.