-->

Cara Membuka File rar di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Winrar atau yang sering di sebut dengan RAR ini sudah menjadi kebiasaan oleh para perusahaan, instansi hingga sekolah menggunakan file RAR untuk...

Cara Membuka File Rar di Android - Data atau dokumen pentimg bersifat privasu biasanya akan di simpan pada ponsel denga berbentuk file RAR untuk menjaga kerahasiannya dan terlihat lebih profesional karena tertata rapi.

Untuk kalian yang memang setiap harinya mengurus dokumen berbentuk digital online, file RAR mungkin sudah tidak asing lagi.

Winrar atau yang sering di sebut dengan RAR ini sudah menjadi kebiasaan oleh para perusahaan, instansi hingga sekolah menggunakan file RAR untuk mengirim dokumen yang penting.

Cara Membuka File Format RAR di HP Android

Cara Membuka File rar
Cara Membuka File rar di Android 

File RAR sebenarnya sebuah data berbentuk wiord, excel, ppt, pdf, aplikasi dan sejenis lainnya yang di jadikan satu folder.

Sehingga dalam proses pengirimannya tidak terlalu banyak dokumen karena sudah menjadi satu dalam satu folder.

Folder tersebut, sebelumnya sudah di lakukan proses kompresi yang biasanya di lakuakan pada perangkat PC laptop atau komputer supaya lebih lancar dan aman.

Format file RAR ini sebenarnya sangat membantu ketika mengirim atau merapikan data yang banyak hingga ratusan dalam satu folder.

Jadi, ketika pihak penerima sangat membutuhkan file dan masih menunggu untuk mencarinya, maka dengan berbentuk file RAR lebih cepat tanpa harus mencari satu-satu.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tutorial dan cara membuka file RAR menggunakan aplikasi tambahan AZIP Master dan Simple Unrar yang gratis. Untuk caranya sebagai berikut:

Menggunakan Aplikasi AZIP Master

Azip Master 

Cara pertama untuk membuka file RAR di HP Android yaitu menggunakan aplikasi AZIP Master yang dapat kalian unduh secara gratis di google play store atau klik saja link berikut:  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.azip.unrar.unzip.extractfile&hl=in&gl=US

Di dalam aplikasi Azip Master, kalian akan lebih mudah dan menemukan fitur dengan menu File Manager seperti di HP Android. 

Jadi, di dalam aplikasi ini kalian tak hanya membuka file RAR saja. Akan tetapi dapat membuat file RAR lewat HP Android. Untuk caranya sebagai berikut: 

  • Silahkan buka aplikasi AZIP Master dengan cara mengizinkan.
  • Setelah itu, silahkan cari file RAR yang ingin kalian di buka.
  • Setelah itu, kalian tinggal klik pada file tersebut.
  • Lalu pilih Ekstrak.
  • Tunggu proses pengekstrakan.
  • Jika sudah, biasanya berada di samping file.
  • Silahkan buka dokumen yang berbentuk folder seperti di HP.
  • Selesai.

Sebelum pergi dari halaman penyimpanan, pastikan untuk menunggu proses ekstrak selesai. Agar dalam prosesnya bisa tuntas dan kalian bisa membuka file RAR yang sudah dibuka.

Menggunakan Aplikasi Simple Unrar

Menggunakan Aplikasi Simple Unrar
Simple Unrar

Aplikasi untuk membuka file RAR selanjutnya yaitu Simple Unra yang dapat kalian download secara gratis di google play store atau klik saja link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.resonancelab.unrar&hl=in&gl=US

Simple Unrar sebuah aplikasi yang sudah banyak di gunakan oleh pengguna Android ketika mendapatkan file yang berformat RAR. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Silahkan buka aplikasi Simple Unras
  • Kemudian jalankan seperti aplikasi biasanaya supaya bisa mengizinkan.
  • Setelah itu, silahakan kalian pilih menu Ekstrak.
  • Secara otomatis akan di arahkan ke  tempat penyimpanan file RAR.
  • Silahkan pilih file RAR yang ingin di buka.
  • Jika sudah, tunggu proses ekstark yang membutuhkan waktu sekitar beberapa menit (tergantung ukuran filenya)
  • Selesai.

Setelah melakukan proses penginstalan aplikasi simple unras, biasanya akan secara otomatis membaca file RAR di HP Android.

Baca Juga : Download Kumpulan Font Andorid

Itulah cara membuka file RAR di HP android yang mudah dan gratis dengan menggunakan aplikasi AZIP Master dan Simple Unrar.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website Basith.id - semoga postingan diatas bermanfaat bagi para pembaca.